Peran
Sistem Informasi dalam Organisasi
Sistem Informasi ialah kombinasi dari Teknologi informasi dan
aktivitas orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk tujuan mendukung
operasi dan manajemen. Dalam arti yang luas, istilah sistem informasi yang
sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik,
data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk
tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi
(TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini
dalam mendukung proses bisnis. (sumber: Wikipedia.com)
Banyak sekali manfaat yang didapatkan sebuah organisasi jika
menggunakan Sistem Informasi ke dalam kegiatan atau operasional perusahaannya.
Namun yang paling penting, Sistem Informasi memiliki empat peran utama yaitu: Minimize Risk, Reduce Cost, Add value
dan Creating New Reality.
Setiap bisnis atau organisasi pasti memiliki resiko yang
berkaitan dengan beberapa faktor, misalnya keuangan.Resiko dapat berasal dari
ketidakpastian maupun beberapa hal diluar kontrol perusahaan.Untuk
meminimalisir resiko ini, Sistem Informasi memegang peran penting.Sistem
Informasi menyimpan data dan memprosesnya secara akurat dan meminimalkan resiko
human error.Jadi, informasi-informasi yang bersifat penting atau sensitif
(seperti masalah keuangan) tidak dapat terjadi kesalahan perhitungan. Keamanan
dari data dan informasi perusahaan juga dapat terjaga dengan baik (dari pihak
luar) karena Sistem Informasi juga berguna di bidang security (contoh: password).
Sistem Informasi juga memiliki peran dalam mengurangi
pengeluaran perusahaan. Dengan penggunaan Sistem Informasi, perusahaan dapat
menekan cost untuk pengadaan
kertas/buku, sampai mempersingkat waktu. Penggunaan SI tentunya juga membuat
praktis proses-proses di dalam organisasi baik dalam segi keuangan, manajemen
stok barang, pembayaran pegawai dan lain-lain. Mungkin sebuah organisasi akan
melakukan pengeluaran yang besar dalam pengadaan alat-alat untuk mendukung
Sistem Informasi tersebut. Namun manfaat yang didapatkan sangat besar untuk
sebuah organisasi yang akan dicapai dalam beberapa waktu ke depan.
Peran Sistem Informasi selanjutnya yaitu menciptakan Adding Value kepada konsumen dari
perusahaan/organisasi. Dengan penerapan Sistem Informasi, nilai sebuah
produk/jasa yang dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan pasti akan
meningkat. Pelanggan pasti akan meningkat kepuasannya terhadap produk/jasa yang
dikeluarkan oleh organisasi/perusahaan tersebut.
Peran terakhir ialah Creating
new reality. Perkembangan terakhir yang ditandai dengan pesatnya teknologi
internet telah mampu menciptakan suatu arena bersaing baru bagi perusahaan,
yaitu di dunia maya.Sebuah organisasi dapat memanfaatkan teknologi ini untuk
media promosi dan sebagainya.Selain harganya yang murah (bahkan ada yang
gratis), internet merupakan hal yang selalu di akses oleh banyak orang.Jadi,
sekarang ini internet juga merupakan tempat baru dalam dunia bisnis dan juga
media promosi sekaligus mengubah tatanan persaingan di dunia bisnis. Inilah
yang dimaksud dari istilah Creating new
reality.
Oleh karena itu, banyak sekali sisi positif atau manfaat jika
sebuah organisasi menerapkan Sistem Informasi di dalamnya. Diantaranya mengubah
proses manual menjadi otomatis sampai pengambilan keputusan yang menjadi
semakin cepat. Hal ini tentu bakal menjadi profit bagi perusahaan itu sendiri.
Mari tinggalkan cara yang lama menuju teknologi terbaru. Sistem Informasi
adalah masa depan.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar