TIPS BERJUALAN ONLINE
Sukses Berjualan Difacebook tidak bisa disamakan dengan online
shop pada website. Dimana onlineshop pada website akan mendatangkan pengunjung
tatkala sudah bagus teroptimasi dan mudah ditemukan oleh Search Engine (Mesin
Pencari) ataupun dirrect visitor (bagi brand yang sudah terkenal bagi
konsumen). Yang ini lain daripada yang lain, butuh effort dan konsistensi, mari
kita simak.
Aktivitas step by step jualan/selling pada fanpage facebook
secara efektif adalah sebagai berikut:
1.
Mulailah belajar cara
membuat fanpage facebook yang professional. Dimana informasi lengkap dan
berbagai alat bantu di dalam fanpage facebook tersedia untuk lebih meyakinkan
calon pembeli disediakan kepada customer.
- Membangun
fans dengan memperbanyak like facebook fanpage secara tertarget. Setelah
fanpage facebook sudah terbuat, walaupun belum terdapat fans atau dapat
dikatakan jumlah like masih "0" mulailah upload Foto Produk,
update beberapa status, namun jangan terlalu sering cukup sekedar menunjukan
bahwa Online Shop di Facebook Anda itu benar adanya dan mempunyai
aktivitas sehingga lebih menarik pengunjung untuk like halaman facebook
Anda. Bedakan dengan fanpage facebook yang belum diupdate apa-apa dan
mulai memaksakan diri untuk menambah like, tentu hasilnya tidak lebih
maksimal.
- Mulai
melakukan aktivitas Interaksi dan sharing berbagai hal yang berhubungan
dengan Fanpage Facebook Anda. Misalkan Online Shop Facebook Anda adalah
Baju Muslimah, maka sesekali berikanlah tips memakai busana muslimah yang
syar'i dan sesuai syari'at islam, bagaimana cara yang baik untuk
mencucinya, serta perawatan dsb. Inilah pentingnya mengetahui Behaviour
Facebook dan Soft-Selling.
- Meyakinkan
kepada customer bahwa Anda bukan merupakan Online Shop penipu; hal ini
jika sudah berhasil akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli, adapun
langkahnya adalah: (a) Sertakan alamat website pada deskripsi facebook
page/halaman facebook Anda bahwa Online Shop Anda juga mempunyai website
resmi (b) Upload foto-foto bukti pengirman untuk memberikan edukasi bahwa
Online Shop Anda terpercaya dan sudah biasa melakukan pengiriman secara
Online (c) Upload juga Real Testimonial (bisa didapat dari dialog di
Blackberrry Messanger, SMS, komentar dan pesan/inbox di Fanpage Facebook
Anda).
- Seimbangkan
antara jumlah update dengan Jumlah Fans. Ketika fanpage facebook Anda
masih pada tahap awal jangan terlalu "ngoyo" atau
"membombardir" fanpage facebook Anda dengan jualan. Misalkan
jumlah fans masih sekitar 200 like idealkan untuk 1 hari satu kali saja. Karena
yang akan melihat update itu bukanlah 200 fans, berapa yang Online dari
200 fans itu ketika Anda update? Berapa yang melihat update itu dari
jumlah diantara yang Online? Perhatikan ilustrasi dialog berikut ini.
Amin seorang penjual baju keliling, dia menjual baju ke suatu
komplek perumahan, akankah dia menawarkan baju tersebut ketika melewati rumah
yang sama berkali-kali?
Amin: "Mbak, ini ada baju bagus, sangat cocok jika dipakai
untuk mbak..."
Ibu-ibu: "Tidak bang, saya masih punya stock"
- Hari berselang
jika dia menawarkan kembali ke orang tersebut merupakan hal yang, maaf,
"kurang cerdas" bukan? Idealnya dia mengunjungki kembali ibu
tersebut selang misalkan beberapa hari atau minggu kemudian sembari dia
berkeliiling memperluas area penjualan di komplek lain.
- Ilustrasi
"berkeliiling memperluas area penjualan di komplek lain" pada
facebook page ialah sembari menyesuaikan jumlah postingan update kepada
fans yang sama aktivitas pada point 2) (baca: menambah likefacebook page)
harus terus dilakukan agar memperbanyak calon konsumen. Ketika fans sudah
mulai banyak Anda dapat menyeimbangkan untuk update jualan dan jangan
lupakan point nomor 3).
- Hendaklah
Anda tahu, jika update Anda tidak konsisten, maka probabilitas update Anda
tidak dilihat oleh Fans Anda makin meningkat. Pasti Anda pernah berdecak
kagum ketika melihat fanpage facebook yang jumlah fans nya sangatlah
banyak namun interaksi fans sedikit (engagement sedikit; like,
comment,share) itu karena salah satu penyebabnya tidak konsisten update, misalkan
pada suatu ketika fans sudah banyak dan rajin update dalam 1 bulan, bulan
berikutnya ketika ada suatu kesibukan facebook Page tidak diupdate selama
katakanlah 1 minggu, maka reach/jangkauan akan turun, maka dari itu
pentingnya Anda mempelajari Cara Meningkatkan Reach di tengah aturan
Alogaritma EdgeRank.
- Pahami
bahwa Social Media tidak seperti SEO (Search Engine Optimization) dimana
SEO kita diupayakan bekerja keras diawal hingga website kita bagus di
Search Engine kemudian pekerjaan menjadi berkurang, dalam Social Media
butuh ketelatenan, disini bukan memilih baik yang mana antara SEO dan
Social Media, semuanya dibutuhkan, bisnis online harus menyeimbangkan SEO,
Social Media, dan Faktor Konversi Penjualan.
Jika Anda membaca point 7 dan merasa putus asa, tambahkanlah
Team Social Media pada bisnis Anda. Setidaknya Anda dapat menambahkan lebih
dari satu admin pada fanpage Anda untuk membagi tugas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar